Street Photography

Kumpulan Karya Foto Mahasiswa Dasar-dasar Fotografi Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin


Buku ini merupakan sebuah proses awal dan sangat mendasar dalam mengenal ilmu visual melalui fotografi. Karya yang dihadirkan telah melalui proses kurasi dan pendalaman kepada masing-masing fotografer. Bukti kekuatan fotografi akhirnya akan dapat membekukan waktu serta menjadikannya sebagai sebuah sejarah terhadap masa depan.

Rp150.000,00

SKU: 9789795302100 Kategori: Tag: ,

Detail

ISBN

978-979-530-210-0

Fotografer

Mahasiswa Matakuliah Dasar-dasar Fotografi

Tata Letak

Mahasiswa Matakuliah Dasar-dasar Fotografi, Muhammad Ihlasul Amal

Koreksi Warna

Cakra Ajie Wirabuana

Desain Sampul

Hanry Febrian

Halaman

x + 150

Cetakan

I, Juni 2019

Penerbit

Unhas Press

Bahasa

Indonesia

Tanggal Terbit

Juni 2019

Penulis

Alem Febri Sonni

Alem Febri Sonni

Dosen Tetap, Peneliti & Fotografer serta videografer Universitas Hasanuddin. Kualifikasi pendidikan dalam kajian Ilmu Komunikasi (S.Sos/S1) dan kualifikasi Megister untuk kajian Manajemen Komunikasi (M.Si/S2). Mengampu matakuliah keahlian berkarya Fotografi, Media Format Kecil I, Sinematografi dan Teknik Reportase Radio & TV. Peminatan keahlian lainnya dalam bidang fotografr dan videografer, konsultan/praktisi, narasumber dan peneliti bidang fotografi dan sinematografi. Mencakup antara lain: Film Dokumenter 80 Tahun Andi Mattalatta, Program Director Profil Audio Visual Wisata Sulawesi Selatan, Konsultan Film Dokumenter ”Punggawa Pasar Lelong”,  Direct of Photography Film Pendek ”Perempuan dalam Telepon”, Sutradara Video Pembelajaran COREMAP II Kab. Kepulauan Selayar, DOP Company Profile Universitas Hasanuddin dan Produser Film ALIGUKA.

Pemateri dalam berbagai event; In House Tranning Produksi Film, Basic Course of Photograpy, Workshop Penata Fotografi (Cinemathgraphy) Meditatif, dan Pelatihan Audio Visual. Pemerhari penyiaran dan lembaga-lembaga penyiaran dan Pernah sebagai ketua Komisi Penyiaran Indonesia Propinsi Sulawesi Selatan (KPID) dan Supervisor mahasiswa S1 dalam penelitian dan karya-karya fotografi dan audiovisual.

M. Iqbal Sultan

M. Iqbal Sultan

Dosen Tetap, Praktisi Public Relations/Public Speaking dan Peneliti Universitas Hasanuddin. Kualifikasi keilmuan ilmu komunikasi, Spesifikasi Public Relations (Strata/S1), Ilmu Komunikasi Spesifikasi Public Relations (Megister/S2) dan Doktoral pada kajian Ilmu komunikasi spesifikasi (Doktoral/S3) bidang Public Relations.  Saat ini mengampu matakuliah, Dasar-Dasar Public Relations, Dasar-Dasar Fotografi, Public Speaking dan Protokoler, dan Teknik Lobby, Negosiasi dan Presentasi. Supervisor utama untuk penelitian mahasiswa S1 dan S2 terutama untuk kajian Public Relations. Praktisi Public Relations dan pemateri utama dalam berbagai kajian keilmuan komunikasi, event kegiatan pelatihan ke-Public Relations-nan, public speaking di berbagai lembaga pemerintahan, media dan swasta. Peminatan lainnya pada kajian media massa, dan analisis pencitraan publik serta kajian media online/sosial bagi masyarakat.

Nosakros Arya

Nosakros Arya

Nosakros Arya, S.Sos., M.I.Kom. Dosen, Peneliti, dan Fotografer serta videografer Universitas Hasanuddin. Kualifikasi pendidikan dalam kajian Ilmu Komunikasi (S.Sos/S1) dan kualifikasi Magister untuk kajian Komunikasi Massa (M.I.Kom/S2). Mengampu matakuliah keahlian berkarya secara khusus di bidang Broadcasting dan Jurnalistik dengan mata kuliah; Fotografi Jurnalistik, Sinematografi, Teknik Reportase Radio & TV, Jurnalistik TV, TV Presenting, Produksi Siaran Hiburan TV, Produksi Siaran Radio dan TV, dan Aplikasi Komputer. Peminatan keahlian lainnya dalam bidang desain grafis, teknik desain slide presentasi, dan peneliti di bidang literasi media.

Adapun karya audio visual yang telah dihasilkan antara lain; Golden Age for Golden Generation (50 th Anniversary Unhas) pada 2005, Pesan dalam Botol (2007), To Garibo (2008), Video Profil Universitas Hasanuddin (2008) dan (2010), Dwarfism (2016), KKN Bangun Mandar Sulawesi Barat (2016). Macaca Maura (2017), dan Sinrilik (2017). Dalam bidang pengabdian masyarakat telah menjadi supervisor (Dosen Pendamping Lapang) pada berbagai Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, antara lain; KKN Tematik Nasional Kebangsaan (2013), KKN Tematik Perbatasan RI di Pulau Sebatik (2013-sekarang), KKN Tematik Budidaya Sagu kerjasama Unhas/Indonesia dengan Ehime University/Jepang (2013), KKN Tematik Bangun Mandar (2016-2017), KKN Tematik Infrastruktur (2017), dan KKN Tematik Internasional Malaysia (2018).

Nurul Ichsani

Nurul Ichsani

Terangkat menjadi staf Dosen Ilmu Komunikasi, FISIP Unhas sejak tahun 2015. Bidang keilmuan, pengajaran, dan penelitiannya mencakup studi film dan media baru. sebelum bekerja di Universitas Hasanuddin, ia menghabiskan sebagian besar waktunya pada media dan film di mana ia menjalin kolaborasi dengan institut kebudayaan nasional dan internasional. Saat ini, ia mengkoordinir aktivitas pada lab film dan fotografi, dan menjadi pengelola jurnal. pada tahun 2016, ia bergabung di Kantor Urusan Internasional sebagai staf media and public relations. Selain itu, ia memiliki pengalaman selama lima tahun menjadi interpreter untuk Nexleaf Analytics, Canadian International Development Agency, Singhealth, Agriterra, dan Deloitte Consulting Southeast Asia.

Fotografi dalam perspektif keilmuan memiliki berbagai sudut pandang, dapat dijadikan sebagai cabang Ilmu Seni karena mengandung nilai-nilai yang abstrak serta estetika, dapat pula dipandang dari perspektif Ilmu Komunikasi, karena memiliki unsur pesan dan makna dalam kandungan sebuah karya fotografi. Kekuatan pesan gambar ini secara nyata akan melengkapi pesan berupa tulisan yang dihadirkan. Ilmu komunikasi memiliki keharusan untuk dapat mengemas pesan baik secara tulis maupun secara visual, sehingga pengaruh yang hendak disampaikan pastilah berbeda.

Fotografi dapat pula dipandang sebagai sebuah hobi, tak jarang aktivitas fotografi akhirnya diperlombakan, baik tingkat nasional bahkan internasional. Keseluruhan aktivitas fotografi ini memiliki elemen-elemen yang sangat menunjang proses kehidupan manusia saat ini. Perkembangan teknologi informasi menjadikan fotografi hampir dibutuhkan oleh seluruh bidang baik secara keilmuan maupun hanya sebagai sebuah aktifitas profesional dan praktis.

Memahami serta kemampuan menggunakan perangkat fotografi menjadi keharusan dalam menghasilkan sebuah pesan fotografi, dengan ditunjang memperhatikan estetika pastilah sebuah karya fotografi akan memiliki makna lebih dari seribu kata. Keberhasilan seorang fotografer mengemas pesan memiliki berbagai faktor, baik secara konseptual maupun penguasan perangkat fotografi itu sendiri. Dasar-dasar pemahaman fotografi menjadi titik awal seorang komunikator (fotografer) berbagi pesan kepada para komunikan melalui karya fotografi mereka.

Buku ini merupakan sebuah proses awal dan sangat mendasar dalam mengenal ilmu visual melalui fotografi. Karya yang dihadirkan telah melalui proses kurasi dan pendalaman kepada masing-masing fotografer. Bukti kekuatan fotografi akhirnya akan dapat membekukan waktu serta menjadikannya sebagai sebuah sejarah terhadap masa depan.

Tema utama dalam proyek akhir matakuliah Dasar-dasar Fotografi ini adalah Street Photography. Objek yang dihadirkan kali ini banyak yang berulang akan tetapi dengan sudut pandang dan pendekatan estetika yang berbeda dari setiap fotografer, pastilah menghasilkan pesan yang berbeda dari setiap karya yang disuguhkan. Setiap karya foto pun dilengkapi dengan data teknis serta lokasi pengambilan, diharapkan buku fotografi ini menjadi pameran abadi untuk para fotografer yang terlibat serta pembuktian secara nyata atas usaha dan upaya yang mereka lakukan dalam satu semester perkuliahan.

Tim Kurator

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Street Photography”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *